Kamis, 22 Agustus 2019

Etnobotani dan Keanekaragaman Senyawa Bahan Alam pada Tumbuhan

Tahukah kalian apa itu etnobotani? etnobotani adalah suatu  ilmu pengetahuan yang mempelajari relasi antara manusia dan tumbuhan-tumbuhan yang  disekitarnya. Pada kali ini saya akan sedikit mengulas bagimana etnobotani dan keanekaragaman senyawa bahan alam pada tumbuhan. tanpa kita ketahui banyak sekali tumbuhan yang sangan berguna bagi tubuh kita salah satunya yaitu yang sering kita gunakan sebagai bumbu dapur yaitu cengkeh.
     Cengkeh merupakan tumbuhan yang sering digunakan dalam pelengkap bumbu dapur terutama dalam pembuatan sup. tanaman cengkeh merupakan cungkup bunga yang berebentuk keritingyang berasal dari keluarga pohon Myrtaceae. Tanaman ini termasuk tanaman asli yang berasal dari indonesia. Manfaat cengkeh sebagai tanaman obat-obatan sudah tidak diragukan lagi kebenarannya. salah satu khasiat cengkeh yang umum diketahui banyak orang yaitu sebagai obat sakit gigi. Selain sebagai obat sakit gigi cengkeh juga memiliki manfaat lain diantaranya yaitu mencegah peradangan, mencegah rasa mual dan muntah, menyehatkan jantung, meredakan batuk, meringankan infeksi saluran pernapasan dan menghangat tubuh. Disamping itru juga cengkeh juga bermanfaat meningkatkan sitem pencernaan dan mengatasi sinusitis.


Selain itu cengkeh juga bermanfaat untuk kulit dan rambut. Manfaat cengkeh untuk kulit diantaranya yaitu untuk mengatasi jerawat, menghilangkan noda hitam pada wajah menjadi sumber antioksidan yang baik bagi kulit. Adapun manfaat cengkeh pada rambut yaitu minyak cengkeh digunakan untuk mengatasi rambut rontok.
kandungan nutrisi yang terdapat dalam 100 gr cengkeh dapat dilihat pada tabel berikut.


Pada umumnya selain berbentuk bunga cengkeh juga diolah menjadi berbagai produk diantaranya yaitu minyak atsiri yang sering kita kenal dengan minyak cengkeh, bubuk cengkeh, dan industri rokok. kretek.

  

Permasalahan:
1. Mengapa cengkeh dapat menghilangkan sakit gigi?
2. Apakah  cengkeh berkhasiat menjaga kesehatan tulang?
3. Menurut anda apakah minyak cengkeh dapat digunakan sebagai minyak urut, jelaskan! 

3 komentar:

  1. Saya Muhammad Yamin dengan nim A1C117047 ingin coba menjawab no.1 cengkeh dapat menghilangkan sakit gigi karena cengkeh bersifat antibiotik sehingga meredakan sakit gigi

    BalasHapus
  2. Saya Mita Istiana (083) akan membantu menjawab pertanyaan no 2.menurut saya iya karena cengkeh teramasuk senyawa fenolik seperti eugenol yang membantu dalam menjaga kepadatan tulang

    BalasHapus
  3. Saya Seprida Anjelina (A1C117051) ingin mencoba menjawab pertanyaan rahman nomor 3. Minyak cengkeh dapat digunakan sebagai minyak urut karena minyak cengkeh dapat memperlancar sirkulasi darah dan merelaksasi otot.

    BalasHapus