Jumat, 20 September 2019

Potensi Pemanfaatan Terpenoid untuk Makhluk Hidup

Hasil gambar untuk manfaat terpenoid


      Pada postingan kali ini saya akan membahas sedikit mengenai manfaat senyawa terpenoid, nah pada postingan sebelumnya saya telah mengulas tentang mengenai keanekaragaman terpenoid. Terpenoid merupakan suatu senyawa hasil dari produk metabolit sekunder. Umumnya terpenoid dihasilkan hampir seluruh tumbuhan dan merupakan metabolit sekunder terbesar yang diproduksi tanaman. Terpenoid memberikan berbagai macam warna pada tanaman. Terpenoid memiliki sifat yang didapat larut dalam air dan merupakan konstituen minyak esensial. Terpenoid memiliki banyak manfaat dalam kehidupan baik dalam tanaman itu sendiri maupun manusia. Pada tanaman,  terpenoid ini berfungsi membantu proses pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan. selain itu,  terpenoid juga berfungsi sebagai senyawa untuk pertahan diri dari gangguan luar seperti serangan serangga, virus ataupun bakteri. Manfaat terpenoid itu sendiri dapat dilihat pada proses pertubuhan misalnya senyawa giberelin. Giberelin pada tanaman memiliki fungsi antara lain yaitu merangsang pertumbuhan batang, Menginduksi pemecahan mitosis dalam daun beberapa tumbuhan, Mempercepat perkecambahan biji atau benih, Merangsang benih yang dorman untuk berkecambah.Selain giberelin ada juga senyawa Sterol yaitu derivat triterpen yang merupakan komponen esensial membran sel yang menstabilkan interaksi fosfolipid. Kemudian ada Karotenoid merah, kuning, oranye adalah tetraterpen yang berfungsi sebagai pigmen asksesori pada fotosintesis dan melindungi jaringan fotosintetik dari fotooksidasi. 
       Pada  beberapa tumbuhan juga mengandung campuran volatil monoterpen dan juga sesquiterpen yang biasa dikenal dengan  minyak esensial yang memberikan aroma khas pada daunnya. Misalnya , Pepermint, lemon dan basil merupakan beberapa contoh tanaman yang mengandung minyak esensial. Minyak esensial dikenal sebagai penolak serangga bahkan membuat herbivora tidak tertarik untuk datang, banyak dikandung di rambut kelenjar yang menonjol dari epidermis. Pada rambut-rambut kelenjar terpen ini disimpan di ruang ekstraselular dinding sel yang termodifikasi. Minyak volatil tidak hanya melindungi tumbuhan secara langsung dari serangan herbivora tetapi juga dapat sebagai sinyal tumbuhan untuk menarik predator pemakan herbivora. Minyak esensial yang secara komersial banyak digunakan sebagai aroma makanan dan membuat parfum dapat diekstrak dari tumbuhan dengan metode destilasi.
   

      Selain bermanfaaat untuk tumbuhan itu sendiri, terpenoid juga memiliki manfaat yang sangat besar bagi kehidupan manusia. Pada bidang industri terpenoid banyak dimanfaatkan karena hampir semua terpenoid harum dan memiliki bau yang khas dan menyenangkan, maka banyak digunakan dalam parfum, kosmetik, pewangi, misalnya bisabolol/levomenol. kemudian pada bidang industri terpenoid juga dimanfaatkan Sebagai pestisida alami misalnya pada farnesol. kemudian pada bidang kesehatan terpenoid memiliki banayk sekali manfaat khusunya bagi kesehatan manusia. sejak dari zaman dahulu kandungan terpenoid banyak digunakan dalam membuat obat obatan alami aik sekarangpun obat obat yang diproduksi juga banyak dihasilkan dari senyawa terpenoid dan turunananya. Misalnya minyak atsiri yang berasal dari serai dan kayu putih dimanfaatkan sebagai obat  menghilangkan rasa nyeri, mengobati pilek dan menghangatkan badan. kandungan. kemudian sayuran yang sering kita temui misalnya tomat, kandungan lycopene pada tomat dapat bermanfaat mencegah kanker, osteoporosis, gangguan neuorologis dan mencegah penyakit jantung.

Hasil gambar untuk minyak serai wangi                                                                                  Hasil gambar untuk minyak kayu putihHasil gambar untuk manfaat lycopene


Permasalahan
1. Salah satu manfaat terpenoid yaitu sebagai anti fungisida dan anti insekta. Menurut anda bagaimana jika seseorang mengkonsumsi tumbuhan yang mengandung senyawa tersebut?
2. Salah satu manfaat terpenoid bagi tumbuhan sebagai pelindung dari hewan herbivora. menurut anda bagaimana tumbuhan dapat melindungi dirinya dari serangan herbivora?
3. Terpenoid memiliki banyak khususnya pada bidang kesehatan dan obat-obatan karena khasiatnya yang dapat menyembuhkan penyakit yang dialami oleh manusai. menurut anda Bagaimana jika manfaat terpenoid tersebut dilakukan terhadap hewan tingkat tinggi?

3 komentar:

  1. Saya akan mencoba menjawab pertanyaan nomor 1. Menurut saya, tanaman yang mengandung antifungsida atau antiinsekta tidak akan berdampak buruk pada tubuh manusia. Karena tiap fungsi dalam tanaman ini hanya akan berkhasiat terhadap penyakit yang di obatinya. Jadi jika dia berfungsi sebagai anti fungisida maka hanya berkhasiat pada serangga saja. Tidak akan berdampak pada manusia. (A1C117007)

    BalasHapus
  2. Baiklah disini saya akan membantu menjawab permasalahan dari Rahman yaitu pada nomor 2
    Menurut pendapat saya cara agar tumbuhan itu bisa melindungi dirinya dari herbivora yaitu dengan mengeluarkan suatu keunikan atau strategi dari dirinya seperti racun, bau, duri, dan lainnya supaya dia bisa mempertahankan dirinya dari herbivora.
    Semoga membantu
    Terima kasih

    BalasHapus
  3. Saya Agustri Manda sari (A1C117035) akan mencoba menjawab pertanyaan nomor 3 yang mana menurut saya kandungan senyawa Terpenoid tidak dapat dimanfaatkan untuk hewan tingkat tinggi seperti namun justru memberikan dampak kurang baik contohnya pada ayam yaitu hewan vertebrata. Yaitu ketika diberi tanaman yang mengandung Saponin hewan ternak tersebut justru mengakibatkan penurunan asupan pakan pada ayam yang mana kemudian dapat menurunkan berat badan ayam tersebut. Hal ini dapat terjadi kemungkinan disebabkan rasa pahit yang pada Saponin sehingga menurunkan nafsu makan ternak.

    BalasHapus