Sabtu, 21 September 2019

Keragaman dan Keunikan Struktur Flavonoid


Pada postingan sebelumnya saya telah mengulas sedikit mengenai metabolit sekunder  terpenoid, nah pada blog kali ini saya akan mengulas sedikit mengenai senyawa flavonoid. Seperti yang kita ketahui tumbuhan menghasilkan bebrapa produk sekunder yang mengandung gugus fenol. Senyawa ini dikelompokkan ke dalam suatu senyawa fenolik. Flavonoid juga merupakan suatu senyawa hasil dari produk metabolit sekunder. Flavonoid termasuk dalam golongan senyawa phenolic. Flavonoid merupakan kelompok terbesar pada senyawa fenolik tumbuhan. Umumnya flavonoid terdapat di dalam jaringan tanaman. Flavonoid memiliki struktur kimia yaitu C6-C3-C6. Struktur flavonoid terdiri dari beberapa bagian yaitu, satu cincin aromatik A, satu cincin aromatik B, dan cincin tengah berupa heterosiklik yang mengandung  oksigen.

                           Hasil gambar untuk flavonoid

Bentuk teroksidasi pada cincin ini akan dijadikan sebagai  dasar pembagian flavonoid ke dalam sub-sub kelompoknya. Sistem yang digunakan dalam menentukan flavonoid yaitu dengan menggunakan sistem penomoran dimana untuk membedakan posisi karbon di sekitar molekulnya. Berdasarkan derajat oksidasi pada jembatan berkarbon 3 falvonoid dibagi menjadi beberapa kelompok, yaitu anthosianin, flavon, flavonol, isoflavon, flavanol, dan flavanon.




1. Anthosianin
Hasil gambar untuk struktur antosianin

2. Flavon
Gambar terkait


3. Flavonol


4. Isoflavon

Hasil gambar untuk isoflavon

5. Flavanol


6. Flavanon.


Berikut ini jalur biosintesis pada senyawa flavonoid
Hasil gambar untuk biosintesis flavonoid



Berikut tabel beberapa sumber makanan yang mengandung senyawa flavonoid.

Hasil gambar untuk flavonoid

Permasalahan:
1. Pada umumnya flavonoid banyak terdapat pada Jaringan. Bagaimana dengan jaringan hewan apakah juga terdapat senyawa flavonoid?
2. Jelaskan mengapa anthosianin dapat memberikan warna yang berbeda pada tumbuhan dan adakah kaitannya dengn struktur anthosianin itu sendiri?
3. Seperti kita ketahui senyawa flavonoid banyak terdaat pada tumbuhan baik buah-buahan maupun sayuran. Selain itu juga senyawa falvonoid sekrang sudah banyak kita temukan dalm bentuk suplemen makanan. Menurut anda bagaimana cara kita mengkonsumsi flavonoid yang baik agar baik untuk tubuh kita, dengan mengkonsumsi buah kah atau sayuran mengandung flavonoid atau dengan mengkonsumsi suplemen yang mengandung flavonoid?

4 komentar:

  1. 2. Warna yang tampak pada tumbuhan ini dipengaruhi dari struktur antosianinnya yang mana warnanya itu ditentukan dari ikatan rangkap pada rantai senyawanya. Sehingga warna dari suatu tumbuhan tergantung dr jenis antosianinnya yang memiliki struktur yang berbeda. (A1C117074)

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. Hay Rahman saya akan membantu menjawab permasalahan no 1.Menurut pendapat saya flavonoid tidak terdapat di jaringan hewan.Dikarenakan flavonoid ini merupakan metabolit sekunder pada tumbuhan yang nantinya akan berperan dalam memberi warna,memberi rasa pada buah tanaman tersebut serta aroma pada tumbuhan

    BalasHapus
  4. Baiklah disini saya akan menjawab permasalahan dari Rahman yaitu pada nomor 3
    Dimana menurut saya disini adalah cara agar mengkonsumsi flavonoid itu yang baik untuk tubuh kita dengan mengkonsumsinya secara langsung karena belum terpengaruh dengan zat lain, sehingga khasiatnya masih murni belum terkontaminasi, bukan dengan suplemen.
    Semoga membantu
    Terima kasih

    BalasHapus