Sabtu, 09 November 2019

Potensi Pemanfaatan Steroid untuk Makhluk Hidup

    Pada postingan sebelumnya saya telah mengulas sedikit mengenai metabolit sekunder  terpenoid, dan juga flavonoid nah pada postingan  blog kali ini saya akan menulis sedikit mengenai senyawa metabolid sekunder laiinya yaitu steroid.  Steroid merupakan salah satu kelompok senyawa bahan alam. Steroid merupakan suatu  senyawa organik lemak sterol yang tidak terhidrolisis yang dihasilkan  dari hasil reaksi penurunan dari terpena atau skualena. Senyawa steroid memiliki beberapa turunan misalnya kolesterol, ergosterol, progesteron, dan estrogen. umumnya senyawa steroid berfungsi sebagai hormon pada makhluk hidup.

1. Kolesterol
                                                          Hasil gambar untuk struktur kolesterol
  Kolesterol adalah jenis lemak golongan steroid yang ditemukan pada semua sel dalam tubuh. Berdasarkan   Harvard Medical School, kurang lebih 20% kolesterol dalam tubuh Anda didapat dari makanan produk hewani. Tetapi , tubuh juga bisa memproduksi kolesterolnya sendiri untuk menyeimbangkannya. Kolestrol diproduksi di dalam hati sebelum mengalir di dalam darah dan berbagai organ tubuh lainnya. Untuk bisa masuk ke dalam darah, kolesterol memerlukan protein lain untuk mengangkutnya ke sana yang disebut apolipoprotein. Terdapat dua jenis lipoprotein yang membawa kolesterol ke seluruh tubuh Anda, yaitu kolesterol HDL yang dikenal sebagai kolesterol baik, dan kolesterol LDL yang dikenal dengan kolesterol jahat.

  Kolesterol mungkin masih dihindari bagi sebagian besar orang. Padahal, sebenarnya kolesterol memiliki manfaat yang sangat penting bagi tubuh. Tapi, ini berlaku jika jumlah kolesterol di tubuh dalam jumlah yang normal.  Kadar kolesterol total yang baik dalam darah adalah kurang dari 200 mg/dl, termasuk dalam kategori tinggi bila kadarnya mencapai 240 mg/dl atau lebih. Sedangkan, kadar kolesterol low density lipoprotein (LDL) yang baik dalam darah adalah kurang dari 100 mg/dl dan akan membahayakan kesehatan jika mencapai 160 mg/dl atau lebih. Jika kadar kolesterol dalam tubuh berjumlah normal, maka akan bermanfaat untuk menunjang proses metabolisme tubuh. 

2. Asam empedu
                                                             Hasil gambar untuk struktur asam empedu
    Asam empedu adalah asam steroid yang diproduksi oleh hati dandisimpan di dalam empedu. Asam empedu biasa ditemukan dalam bentukasam kolik dengan kombinasi dengan glisin dan taurin. Asam empedu utama(primer) yang terbentuk dihati adalah asam kolat dan asam kenodeoksikolat.Asam Ursodeoksikolat merupakan asam empedu yang berada secara alami di dalam tubuh, sehingga mekanisme yang dihasilkan untuk meluruhkan batu empedu adalah dengan mengurangi sekresi kolesterol dari hati dan mengurangi reabsorpsi kolesterol oleh usus halus. Asam Ursodeoksikolat ini memiliki bioavailabilitas 90% dengan respon awal untuk peluruhan batu empedu adalah 3-6 bulan. Ursodiol ini 70% terikat protein di dalam darah. Metabolismenya di hati terkonjugasi dengan glisin atau taurin dan diekskresikan dalam empedu. Asam Ursodeoksikolat atau Ursodiol ini memiliki manfaat untuk meluruhkan atau melarutkan batu empedu, mencegah batu empedu terbentuk pada pasien obesitas yang kehilangan berat badan dengan cepat, dan untuk mengobati penyakit hati (sirosis bilier primer).

3. Hormon Kelamin
                                                                     Hasil gambar untuk struktur hormon kelamin
    Hormon kelamin pada umumnya merupakan turunan steroid, molekulnya bersifat planar dan tidak lentur. Kerangka dasarnya adalah cyclopentanoperhydrophenanthrene yang bersifat kaku. Hormon kelamin dibagi dalam empat kelompok yaitu: hormon androgen (testosteron), hormon estrogen (estradiol, estron, dan estriol) dan hormon progestin (progesteron). Hormon kelamin merupakan jenis hormon yang berperan dalam proses perkembangan seksual serta reproduksi. 


4. Hormon adrenokortikoid
                                               Hasil gambar untuk a. Mineralokortikoid 

   Hormon adrenokortikoid merupakan hormon steroid yang disintesis dari kolesterol dan diproduksi oleh kelenjar adrenalis bagian korteks. Hormon adrenokortikoid adalah hormon manusia yang merangsang korteks adrenal, atau lebih khusus lagi, merangsang sekresi (misalnya kortisol) dan sedikit mengontrol sekresi hormon aldesteron, hormon steroid utama lainnya dari korteks adrenal. Hormon adrenokortikoid terbagi menjadi dua  yaitu Mineralokortikoid dan Glukokortikoid. Berikut ini beberapa fungsi dari hormon adrenokortikoid, sebagai berikut:
a. Mengontrol sekresi aldosteron dan hormon steroid lainnya dalam korteks adrenal.
b. Mengontrol pertumbuhan dan perkembangan aktivitas kulit ginjal dan merangsang kelenjar adrenal
    untuk mensekresikan hormon yang dihasilkan untuk metabolisme karbohidrat.
c. meningkatkan penyerapan lipoprotein ke dalam sel kortikal.

Permasalahan:
1.  Seperti yang kita ketahui dexamethason dan betamethason merupakan obat steroid anti inflamasi.  betamethason memiliki efek yang lebih kuat jika dibandingkan dexamethason. jika dilihat dari strukturnya sama-sama memiliki struktur yang sama hanya berbeda pada arah dimana atom C16 mengikat atom H. Bagaimana hal tersebut bisa berpengaruh pada efek kedua senyawa tersebut?
2. Kalsiferol merupakan salah satu turunan steroid yang sangat penting bagi tubuh kita. Berdasarkan Bentuknya terdapat Ergokalsiferol dan Kolekalsiferol. dilihat dari strukturnya hanya terdapat perbedaan pada atom C  no. 22 dan 24. Kolekalsiferol lebih mudah diserap oleh tubuh daripada Ergokalsiferol. menurut anda bagaimana hal tersebut bagaimana pengaruh hal tersebut terhadap manfaat kedua senyawa tersebut?
3.  Kalsiferol sangat bermanfaat dalam menjaga kesehatan tulang. Salmon merupakan salah satu sumber makanan yang mengandung kalsiferol yang baik. akan tetapi terdapat perbedaan   kadar kalsiferol pada jenis salmon  seperti  salmon alaska mengandung Kalsiferol lebih banyak daripada salmon atlantik sehingga sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita. Menurut anda mengapa hal tersebut bisa terjadi?

7 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. permasalahan 2.
    Kita tahu bahwasannya golongan senyawa steroid memiliki banyak manfaat bagi makhluk hidup, salah satunya pada steroid yang terkandung dalam tumbubuhan. Manfaatnya ialah digunakan sebagai pengobatan bagi tubuh manusia. salah satunya ialah pada sebuah jurnal penelitian. disebutkan manfaat dari steroid bagi tumbuhan disini adalah sebagai obat untuk asma, bronkitis, peluruh air seni, obat batuk dan untuk memperoleh suara yang jernih. terimakasih

    BalasHapus
  4. 1. Menurut saya dexamethason dan betamethason memiliki struktur yang hampir sama, hanya terletak pada atom C ke 16 yang mengikat atom H.
    Nah, jika dilihat dari strukturny kedua senyawa tersebut memang memiliki perbedaan. Namun jika ditinjau dari efek samping yang ditimbulkan keduanya, menurut saya memiliki efek samping yang sama yaitu meningkatnya kadar gula darah, meningkatnya tekanan darah,masalah kulit, tukak pada lambung. Hal tersebut dikarenakan dexamethason dan betamethason sama-sama merupakan senyawa kortisteroid (senyawa obat yang mengandung hormon steroid)

    BalasHapus
  5. Hr. Yuniarccih
    3. Kandungan senyawa bahan alam yang dihasilkan oleh makhluk hidup dapat dipengaruhi oleh faktor lingkungannya.
    Menurut salah satu artikel yg saya baca, salmon yang berasal dari alaskan adalah salmon yang hidup bebas dilaut. Sedangkan salmon atlantik merupakan salmon yang sengaja dibididayakan.
    Salmon alaska mempunyai lingkungan yang tidak stabil karena banyak gangguan² yg dapat dialaminya. Hal inilah yang menyebabkan kandungan senyawa bahan alam pada salmon ini lebih dari salmon atlantik.

    BalasHapus
  6. permasalahan 2
    manfaat kedua senyawa teesebut sama yaitu untuj menguatkan tulang, perbedaannya terletak pada kolekalsiferol midah diserap oleh tubuh karena didalam tubuh sdh ad senyawa tersebut

    BalasHapus
  7. permasalahan 2
    manfaat kedua senyawa teesebut sama yaitu untuj menguatkan tulang, perbedaannya terletak pada kolekalsiferol midah diserap oleh tubuh karena didalam tubuh sdh ad senyawa tersebut

    BalasHapus